Instagram

Kamis, 19 September 2013

Fenomena Gelombang Gravitasi Tertangkap Lensa NASA


Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah berhasil mengambil foto gelombang gravitasi. Gelombang gravitasi merupakan sebuah fenomena atmosfer yang tidak mungkin dapat dilihat dari Bumi. Gelombang gravitasi ini terlihat bergerak di atas danau besar di Amerika Utara, Selatan Ontario, Kanada, dan ke barat daya dari Pukaskwa National Park.

Seperti yang dilansir Dailymail, gambar tersebut memperlihatkan seolah-olah awan yang membentuk gelombang ini beriak. Gelombang gravitasi diproduksi ketika ketidakseimbangan kelembaban udara bertemu dalam densitas udara, seperti ketika udara dingin mengalir melalui udara lebih hangat. NASA menuliskan “Foto ini diambil pada tanggal 24 Juni dengan Nikon D3S kamera digital oleh anggota Ekspedisi 36, dan kemudian ditingkatkan oleh para ahli media untuk meningkatkan kontras warnanya.”

Gelombang gravitasi pertama kali di perkirakan oleh fisikawan Albert Einstein pada tahun 1916. Kehadiran gelombang ini sebagai konsukensi langsung dari rumusan teori gravitasinya. Gelombang gravitasi juga dihasilkan dari getaran massa suatu benda.

Gelombang gravitasi sifatnya meliputi seluruh alam semesta. Massa dari bintang, planet, dan seluruh benda semesta lainnya akan bergetar sambil mengeluarkan pancaran gelombang gravitasinya. Benda angkasa yang mempunyai massa yang besar akan menghasilkan gelombang gravitasi yang besar pula. Tetapi, meskipun cukup besar, gelombang ini masih sangat lemah untuk dideteksi. Kendalanya adalah peristiwa seperti ini jarang terjadi, yaitu sekitar satu ledakan tiap ratusan tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review